Widal Test

Suatu jenis Pemeriksaan Serologi.
Uji widal positif artinya ada zat anti (antibodi) terhadap kuman Salmonella, menunjukkan bahwa seseorang pernah kontak/terinfeksi dengan kuman Salmonella tipe tertentu.

Beberapa hal yang sering disalahartikan :
1. Pemeriksaan widal positif dianggap ada kuman dalam tubuh, hal ini pengertian yang salah. Uji widal hanya menunjukkan adanya antibodi terhadap kuman Salmonella.
2. Pemeriksaan widal yang diulang setelah pengobatan dan menunjukkan hasil positif dianggap masih menderita tifus, ini juga pengertian yang salah.
Setelah seseorang menderita tifus dan mendapat pengobatan, hasil uji widal tetap positif untuk waktu yang lama sehingga uji widal tidak dapat digunakan sebagai acuan untuk menyatakan kesembuhan.

Hasil ulang pemeriksaan widal positif setelah mendapat pengobatan tifus, bukan indikasi untuk mengulang pengobatan bilamana tidak lagi didapatkan gejala yang sesuai.

Hasil uji negatif dianggap tidak menderita tifus :
Uji widal umumnya menunjukkan hasil positif 5 hari atau lebih setelah infeksi. Karena itu bila infeksi baru berlangsung beberapa hari, sering kali hasilnya masih negatif dan baru akan positif bilamana pemeriksaan diulang. Dengan demikian,hasil uji widal negatif,terutama pada beberapa hari pertama demam belum dapat menyingkirkan kemungkinan tifus.

Untuk menentukan seseorang menderita demam tifoid :
1. Tetap harus didasarkan adanya gejala yang sesuai dengan penyakit tifus.
2. Uji widal hanya sebagai pemeriksaan yang menunjang diagnosis.
Seorang tanpa gejala,dgn uji widal positif tidak dapat dikatakan menderita tifus.

Memang terdapat kesulitan dalam interpretasi hasil uji widal karena kita tinggal di daerah endemik,yang mana sebagian besar populasi sehat juga pernah kontak atau terinfeksi, sehingga menunjukkan hasil uji widal positif. Hasil survei pada orang sehat di Jakarta pada 2006 menunjukkan hasil uji widal positif pada 78% populasi orang dewasa. Untuk itu perlu kecermatan dan kehatihatian dalam interpretasi hasil pemeriksaan widal.

PENILAIAN


Titer widal biasanya angka kelipatan : 1/32 , 1/64 , 1/160 , 1/320 , 1/640.
- Peningkatan titer uji Widal 4 x (selama 2-3 minggu) : dinyatakan (+).
- Titer 1/160 : masih dilihat dulu dalam 1 minggu kedepan, apakah ada kenaikan titer. Jika ada, maka dinyatakan (+).
- Jika 1 x pemeriksaan langsung 1/320 atau 1/640, langsung dinyatakan (+) pada pasien dengan gejala klinis khas.

Uji Widal didasarkan pada :

- Antigen O ( somatic / badan )
- Antigen H ( flagel/semacam ekor sebagai alat gerak )

Jika masuk ke dalam tubuh kita, maka timbul reaksi antigen-antibodi.

ANTIBODI terhadap Antigen O : setelah 6 sampai 8 hari dari awal penyakit.
Antigen H : 10-12 hari dari awal penyakit.

Uji ini memiliki tingkat sensitivitas dan spesifitas sedang (moderate).
Pada kultur yang terbukti positif, uji Widal yang menunjukkan nilai negatif bisa mencapai 30 persen.

Beberapa keterbatasan uji Widal ini adalah:
1. Negatif Palsu
Pemberian antibiotika yang dilakukan sebelumnya (ini kejadian paling sering di negara kita, demam –> kasih antibiotika –> nggak sembuh dalam 5 hari –> tes Widal) menghalangi respon antibodi.
Padahal sebenarnya bisa positif jika dilakukan kultur darah.

2. Positif Palsu
- Beberapa jenis serotipe Salmonella lainnya (misalnya S. paratyphi A, B, C) memiliki antigen O dan H juga, sehingga menimbulkan reaksi silang dengan jenis bakteri lainnya, dan bisa menimbulkan hasil positif palsu (false positive).
Padahal sebenarnya yang positif kuman non S. typhi (bukan tifoid).
- Beberapa penyakit lainnya : malaria, tetanus, sirosis, dll.

Pada daerah yang endemik seperti Indonesia (apalagi Jakarta, bagi yang hobi makan gado-gado, ketoprak ) ditentukan nilai batas minimal pada populasi normal.
Sehingga kemungkinan seseorang menderita demam tifoid sangat besar pada nilai minimal titer tertentu.

Diagnosa Pasti : GAL CULTURE ( waktu yg dibutuhkan : +/- 1 minggu ).

CARIER
Sulit untuk menghilangkan sifat ‘carrier’ (titer antibodi dalam darah kita menjadi negatif), mengingat Indonesia endemik tifoid.
Tapi ini tidak masalah. Yang penting tidak jatuh sakit.

Comments

  1. kasih tau donk cara pemeriksaannya gimana..
    O H
    AO AH
    BO BH
    CO CH

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. lebih baik pake Tubex TF untuk mendeteksi S.typhi
    mudah dalam aplikasi
    murah dlm cost terapi
    hasil yang akurat
    sensitifitas 100%
    spesifisitas 96%
    mengunakan metode IMBI
    pengerjaan tidak perlu diulang
    <2 negatif
    3 border line
    4-5 Positif deman typhi aktiv
    6-10 Positif Kuat

    ReplyDelete
  4. Trims penjelasan blog ini sangat bagus dan mudah dipaham. Saya sudah berkali kali kena 'Typhoid' dan masuk opnam 3 kali. Kadang kadang aku kira doktor hanya cari dana ketika mereka minta saya opnam, maka kali ini saya coba obat di rumah saja. Susah dapat info apakah benar benar typhoid atau istilahnya 'gejala' typhoid. Apa sebenarnya artinya? Sering kali orang bilang kena 'gejala tifus', maksudnya positif untuk S.paratyphi A/B/C O atau H? dari pada S Typhi (o)atau (h)? Mohon jelaskan.. Trims

    ReplyDelete
  5. dr Rudy yth hasil lab saya : darah rutin semua normal kecuali leukosit 12.350. Test widal semua negatif kecuali S para thypi AH = 1 : 320
    saya ada gejala demam naik turun kadang normal biasa. kadang dingin, juga diare.
    Apakah saya terkena thypus ? tks

    ReplyDelete
  6. trima kasih buat bloggnya, saya jadi mudah ngerjain tugas kuliah, krn penjelasan dri blog ini,

    ReplyDelete
  7. terimakasih nih pembahasannya...

    http://tokoonlineobat.com/obat-demam-tifoid-alami/

    ReplyDelete
  8. Dok maaf ini untuk hasil Lab.

    Hematologi
    CBC
    Hemoglobin 14.1,
    lekosit 10.9,
    eritrosit 4.66,
    hematokrit 42.3
    Index eritrosit
    MCV 80.8,
    MCH 30.2,
    MCHC 37.4,
    Trombosit 341
    Imuno Serologi
    Widal slide test
    Salmonella Tyhpi-O Negatif
    S. Paratypi A-O Negatif
    S. Paratypi B-O Negatif
    S. Paratypi C-O 1/320
    Salmonella Tyhpi-H Negatif
    S. Paratypi A-H Negatif
    S. Paratypi B-H 1/160
    S. Paratypi C-H Negatif
    Sakit ap y dok...

    ReplyDelete
  9. Dok hasil lab saya hematologi lengkap ny bagus
    tp
    widal s typhi H 1/640
    Widal s par A-H 1/640
    Wdal s par B-H 1/160
    Widal s par C-H 1/160
    Apa ada indikasi saya typus

    ReplyDelete
  10. Dok pertama saya cek hasil widal sperti ini..
    Hemoglobin 16.0
    Hematokrit 43.6
    Lekosit 9200
    Trombosit 215.000
    S.typhi 0 1/320
    S.typhi OA 1/80
    S.typhi OB 1/80


    Kemudian setelah 3 hari
    Hasil tes nya

    Hemoglobin 12.5
    Lekosit 7300
    S.typhi H 1/80
    S.typhi O 1/160

    Kalo sperti itu gimn dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah dalam waktu 3 hari dilakukan pemberian antobiotik?

      Delete
  11. S.Typhi O 1/320
    S.Typhi AO 1/320
    S.Typhi BO 1/320
    S.Typhi CO 1/320
    S.Typhi H 1/320
    S.Typhi AH 1/320
    S.Typhi BH 1/160
    S.Typhi CH 0

    Baru sekali tes darah , sebelum nya demam tinggi 3 hari, kepala pusing,diare dan mutah


    Apakah ini positif kena tipes? Mohon di jawab

    ReplyDelete
  12. mau nanya hasil dr pemeriksaan widal NCy itu mksd nya apa

    ReplyDelete
  13. mau nanya hasil dr pemeriksaan widal NCy itu mksd nya apa

    ReplyDelete
  14. mksd dr hasil cek widal Ncy itu apa yah

    ReplyDelete
  15. Now we are entering the season of pancaroba, it makes the body will be increasingly vulnerable to attack the disease, as one example of the disease Typhus.
    Obat Tifus

    ReplyDelete
  16. Su rudi mau tanya dok sy baru pertma kali tes darah dan hasilnya S. Typhi h positif. Dan s. Paratyphi c - h positif artinya apa ya dok makasih sblmnya

    ReplyDelete
  17. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :085365566333
    PIN : 5A298D36

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    ReplyDelete
  18. Ditanya ga ada satupun yg di jawab percuma...

    ReplyDelete
  19. salmonella typhi o 1/320, salmonella typhi h 1/160, salmonella paratyphi 1/80, salmonella paratyphi bh 1/80
    Apakah saya mengidap types...???

    ReplyDelete
  20. Hematologi
    CBC
    Hemoglobin 13.5
    lekosit 7.07
    eritrosit 4.30
    hematokrit 39.8

    MCV 93
    MCH 31
    MCHC 34

    Basofil 0
    Eosinofil 3
    Neotrofil 61
    Limfosit 29
    Monosit 7
    Jumlah Trombosit 209

    Imuno Serologi
    Widal slide test
    Salmonella Tyhpi-O =+1/320
    S. Paratypi A-O =+1/60
    S. Paratypi B-O =+1/60
    S. Paratypi C-O =+1/320
    S. Paratypi H =- (negatif)
    S. Paratypi AH=- (negatif)
    S. Paratypi BH=+ 1/80
    S. Paratypi CH=+ 1/60

    Kira kira termasuk tyfus gak saya......??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya jika hasil widal slide test mencapai titer 1/320 sudah mengindikasikan kuat terinfeksi bakteri salmonella, namun tetap harus dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan tubex tf, atau typhidot igG/igM yang lebih dapat dipercaya, selain itu penegakan diagnosisnya pun harus diikuti dengan melihat gejala langsung dari pasien yang dilakukan oleh dokter.

      Delete
  21. Hematologi
    CBC
    Hemoglobin 13.5
    lekosit 7.07
    eritrosit 4.30
    hematokrit 39.8

    MCV 93
    MCH 31
    MCHC 34

    Basofil 0
    Eosinofil 3
    Neotrofil 61
    Limfosit 29
    Monosit 7
    Jumlah Trombosit 209

    Imuno Serologi
    Widal slide test
    Salmonella Tyhpi-O =+1/320
    S. Paratypi A-O =+1/60
    S. Paratypi B-O =+1/60
    S. Paratypi C-O =+1/320
    S. Paratypi H =- (negatif)
    S. Paratypi AH=- (negatif)
    S. Paratypi BH=+ 1/80
    S. Paratypi CH=+ 1/60

    Kira kira termasuk tyfus gak saya......??

    ReplyDelete
  22. Hematologi
    CBC
    Hemoglobin 13.5
    lekosit 7.07
    eritrosit 4.30
    hematokrit 39.8

    MCV 93
    MCH 31
    MCHC 34

    Basofil 0
    Eosinofil 3
    Neotrofil 61
    Limfosit 29
    Monosit 7
    Jumlah Trombosit 209

    Imuno Serologi
    Widal slide test
    Salmonella Tyhpi-O =+1/320
    S. Paratypi A-O =+1/60
    S. Paratypi B-O =+1/60
    S. Paratypi C-O =+1/320
    S. Paratypi H =- (negatif)
    S. Paratypi AH=- (negatif)
    S. Paratypi BH=+ 1/80
    S. Paratypi CH=+ 1/60

    Kira kira termasuk tyfus gak saya......??

    ReplyDelete
  23. Hematologi
    CBC
    Hemoglobin 13.5
    lekosit 7.07
    eritrosit 4.30
    hematokrit 39.8

    MCV 93
    MCH 31
    MCHC 34

    Basofil 0
    Eosinofil 3
    Neotrofil 61
    Limfosit 29
    Monosit 7
    Jumlah Trombosit 209

    Imuno Serologi
    Widal slide test
    Salmonella Tyhpi-O =+1/320
    S. Paratypi A-O =+1/60
    S. Paratypi B-O =+1/60
    S. Paratypi C-O =+1/320
    S. Paratypi H =- (negatif)
    S. Paratypi AH=- (negatif)
    S. Paratypi BH=+ 1/80
    S. Paratypi CH=+ 1/60

    Kira kira termasuk tyfus gak saya......??

    ReplyDelete
  24. Klo sallmonella typhi H tinggi 1/160 kesimpulan high, sakit udh sekitar 5 hari dan cek darah blm ada pengurangan gmn ya?

    ReplyDelete
  25. Klo sallmonella typhi H tinggi 1/160 kesimpulan high, sakit udh sekitar 5 hari dan cek darah blm ada pengurangan gmn ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dengue Blot Test

Daftar Kalori Makanan