Sunday, July 5, 2009

Varises dan Obatnya

Obat varises terutama ditujukan untuk mengurangi gejala, memperbaiki penampilan dan mencegah komplikasi karena varises tidak bisa disembuhkan.
Di Indonesia ada beberapa bentuk sediaan obat varises yang beredar yang seperti;
1. Obat varises injeksi biasanya mengandung Polidocanol, juga dapat untuk wasir.
2. Obat varises untuk topikel dalam bentuk cream atau gel biasanya mengandung heparin atau campuran Buphenin dan bahan alami lainnya bisa digunakan sebagai anti memar.
3. Obat varises oral/diminum dalam bentuk kapsul/tablet biasanya mengandung bahan-bahan alami salah satunya daun pegagan (Centella asiatica).

Varises
Varises atau varikose adalah pembuluh darah balik yang melebar dan berliku-liku sehingga menonjol di permukaan kulit. Pada orang-orang tertentu pembuluh balik yang terdapat di tungkai lemah dan dengan mudahnya mekar atau bengkak.

Peregangan pembuluh darah ini terjadi karena besarnya tekanan di dalamnya yang mengakibatkan dinding pembuluh darah menjadi lemah dan dengan demikian mudah teregang. Misalnya, tekanan yang bertambah pada pinggul dan perut seperti halnya kehamilan dan terlalu gemuk.
Kehamilan dapat memperberat keadaan, karena pembuluh darah balik panggul yang menampung darah dari tungkai tertekan oleh janin.
Biasanya katup yang terdapat di bagian dalam pembuluh juga sudah melemah, sehingga tidak lagi mampu mengatur aliran darah yang masuk ke dalam pembuluh darah tersebut.
Kerentanan seseorang terhadap terjadinya kelainan ini biasanya diturunkan. Kelainan ini sering ditemukan pada tungkai bawah, tungkai atas, dan dinding perut bawah, walaupun pada dasarnya dapat terjadi di bagian tubuh manapun.

Gejala
Sering dirasakan penderita adalah pembengkakan di sepanjang pembuluh balik, diikuti dengan kekejangan pada otot serta perasaan lelah di tungkai belakang lutut.
Dalam hal lain, kulit pada tungkai bagian bawah mungkin pecah dan menyebabkan borok-borok besar. Selain itu terasa nyeri bila peradangan dan penggumpalan darah pada pembuluh balik terjadi di tungkai.

Komplikasi
Berbahaya bila terjadi infeksi pada dinding pembuluh varikose. Infeksi ini mempermudah terbentuknya gumpalan darah yang mungkin mengalir dan tersangkut, kemudian menyumbat pembuluh darah di tempat lain.

Mengangkat kaki bisa mengurangi gejala tetapi tidak dapat mencegah varises vena. (sumber : Republika)
Varises vena yang timbul selama kehamilan biasanya akan membaik dalam waktu 2-3 minggu setelah melahirkan.
Untuk pemilihan obat varises yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter.

Contoh obat untuk Varises :
- Ardium
- Hirudoid
- Lanaven
- Madecassol
- Papaven
- Trombophob
- Venos

Sumber : Medicastore

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home